Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk
secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing
list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan
anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu
hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman
lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan
komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok
tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.
Terjadilah pertemuan para onliner didunia nyata yang umumnya
di namakan Kopdar. Kopdar adalah suatu bentuk komunikasi
nyata pelaku dunia maya dimana orang yang ikut kopdar itu bisa saling
berkenalan secara pribadi atau sharing ilmu dan pengalaman.
Tak bisa dipungkiri bahwa secara psikologis jika seseorang
rutin bertemu dan berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai kesamaan minat
di sebuah komunitas akan menimbulakan ikatan emosional tersendiri di hati orang
tersebut terhadap komunitasnya.
Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam
ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat Tetapi berhati- hatilah
karena cakupannya yang terlalu besar. Komunitas online bisa menjadi tempat
strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya
adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak-
anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak
berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat.
Sumber:
Polarisasi
Kelompok
Polarisasi
Kelompok adalah intensifikasi dari suatu pre-existing awal kelompok pilihan (
Baron et al. 1992 : 73). Efek polarisasi menyinggung pada rata-rata score individu
sebelum dan setelah diskusi kelompok. Anggota kelompok paling ekstrim, mungkin
sekali , sudah menjadi lebih moderat setelah diskusi itu. Tetapi pada rata-rata
pertimbangan atau pilihan sudah menjadi yang lebih ekstrim.
Fenomena
polarisasi kelompok adalah kecendrungan kelompok yang menyebabkan orang
mengubah keputusan mereka, baik ke arah yang lebih teliti, atau lebih
mengandung resiko.
Faktor
yang mengubah kelompok adalah informasi yang di sampaikan selama diskusi
kelompok tentang masalah.
Alternatif
keputusan yang menerima jumlah argumen yang paling besar adalah yang terpilih.
Polarisasi kelompok mengacu pada temuan bahwa setelah berpartisipasi dalam
kelompok diskusi, angoota cenderung mendukung posisi yang lebih eksrem dan atau
panggilan untuk kursus berisiko tindakan dari pada orang yang tidak
berpartisispasi dalam diskusi tersebut.
Hasil
polarisasi kelompok dari dua mekanisme utama: sosial perbandingan dan informasi
pengaruh. Perbandingan sosial mengacu ke drive individu muncul secara sosial di
inginkan. Pengaruh sosial informasional terjadi ketika seseorang berada dalam
situasi seperti ini. Orang yang sering akan mencari orang lain untuk isyarat
mengenai perilaku yang benar.
Bagaimanapun
pembuatan keputusan kelompok bukanlah suatu unsur yang penting dalam prosedur
yang mengerucut ke arah polarisasi; suatu periode diskusi yang ringkas yang di
ikuti oleh tanggapan individu akan menghasilkan pula suatu pergeseran di dalam
kelompok rata- rata. Hal ini berarti suatu pergeseran di dalam pilihan individu
terjadi sebagai hasil proses kelompok.
Sumber:
Kelompok
Kerja Virtual
Virtual
adalah dunia yang biasanya kita sebut sebagai dunia maya atau cyber space yaitu
sebuah dunia komunikasi berbasis komputer yang menawarkan realitas baru.
Virtual
menggunakan teknologi komputer untuk menyatukan para anggota yang terpisah
secara fisik untuk mencapai tujuan bersama. Sejumlah orang di mungkinkan untuk
berkolaborasi secara online menggunakan jaringan komunikasi internet,
teleconference atau email. Baik mereka terpisah dengan jarak yang jauh atau
pada saat keadaan telah mendesak.
Kelompok
kerja virtual adalah sekelompok orang yang bekerja pada sebuah proyek yang umum
melalui teknologi seperti email, pesan instan, database bersama, diskusi
threaded dan kalender.
Kelompok
kerja adalah sekumpulan orang terdiri atas dua anggota atau lebih yang
1.
Mempunyai tujuan yang sama
2.
Mempunyai kepentingan yang sama
3.
Saling bekerja sama
4.
Saling berhubungan.
5.
Memiliki rasa ikut bertanggung jawab
6.
Saling tergantung satu dengan lainnya
Tiga
faktor utama yang membedakan tim virtual dari tim yang bertemu muka secara
lansung.
1.
Ketiadaan isyarat- isyarat paraverbal dan nonverbal
2.
Konteks sosial yang terbatas
3.
Kemampuan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan ruang.
Keuntungan
virtualisasi
1.
Konsolidasi
2.
Efensiasi energi
3.
Pemanfaatan sumberdaya
4.
Manajement
5.
Provisioning
6.
Alokasi sumberdaya/ load balanching
7.
Otomatisasi
8.
The cloud
9.
Disaster recovery
10.
Storage, jaringan, desktop dan selanjutnya
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar